BERITA

Presiden Joko Widodo Tunjuk Nadiem Makarim Jadi Mendikbud
24 Oct 2019

Jakarta, PAUD dan Dikmas. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menunjuk Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), menggantikan posisi Muhadjir Effendy yang menjadi Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), saat pengumuman susunan Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Medan Merdeka.

“ Mas Nadiem Anwar Makarim sebagai Mendikbud gantikan Muhadjir Effendy,” ujar Presiden Joko Widodo umumkan nama susunan kabinetnya periode 2019 dihalaman Istana Negara.

Sekedar informasi, diantara deretan nama-nama Menteri yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo, pria kelahiran Singapura 4 Juli 1984 dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri, menjalani proses pendidikan dasar hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura.

Namun pada tahun 2002, pria berdarah Minang-Arab mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat. Bahkan sempat mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics usai memperoleh gelar sarjana pada tahun 2006, kemudian di tahun 2009 ia mengambil pasca-sarjana dan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School.

Sedangkan untuk karier, nadiem memulainya sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company hingga akhirnya mengisi posisi Mendikbud. Akan tetapi sebelum dipanggil ke Istana untuk mengisi posisi Menteri, dirinya memutuskan berhenti dari perusahaan Gojek yang ia dirikan dan pimpin.