BERITA

Diseminasi Evaluasi Manajemen dan Pelaksaanaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan tahun 2019
15 Nov 2019

Layanan pendidikan keaksaraan dan kesetaraan yang disediakan bagi orang dewasa dalam rangka mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat. Pendidikan keaksaraan dan kesetaraan diarahkan untuk memberikan kepastian memperoleh layanan pendidikan nonformal bagi masyarakat yang membutuhkannya. Seiring perkembangan pendidikan khususnya Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan yang melakukan berbagai inovasinya demi majunya pendidikan khususnya pada pendidikan nonformal khususnya bagi anak usia sekolah maupun usia dewasa.

Dalam upaya peningkatan akses dan mutu layanan pendidikan melalui upaya pemenuhan standar sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional di bidang pendidikan, sehingga perlu mendorong pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota melakukan tindakan nyata dalam rangka melaksanakan urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar yang wajib diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Kab/Kota. Amanat Peraturan Pemerintah No. 2 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal disebutkan bahwa Pemerintah Kab./Kota memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, dan pendidikan kesetaraan

Tujuan Diseminasi Evaluasi Manajemen dan Pelaksaanaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan tahun 2019 ini adalah untuk mengevaluasi capaian program pendidikan keaksaraan dan kesetaraan tahun 2019 dan perencanaan program pendidikan keaksaraan dan kesetaraan tahun 2020-2024. Hasil yang akan dicapai dalam pelaksanaan kegiatan Diseminasi Evaluasi Manajemen dan Pelaksanaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan tahun 2019 ini adalah:

  1. Terevaluasinya capaian pelaksanaan program Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan tahun 2019;
  2. Adanya perencanaan Program Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan tahun 2020-2024.

Kegiatan Penyelenggaraan Diseminasi Evaluasi Manajemen dan Pelaksanaan Program Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan diikuti oleh sebanyak 75 orang peserta yang terdiri dari unsur Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Kepala BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah).