BERITA

Seminar Nasional Pendidikan Masyarakat Dan Evaluasi Kinerja Pengelolaan Paud Dan Dikmas Tahun 2019
06 Dec 2019

Memasuki peradaban kehidupan di era revolusi industry 4.0 memberi perubahan yang cukup signifikan terhadap kehidupan, khususnya dibidang pekerjaan. Revolusi industry 4.0 ditandai dengan perkembangan digitalisasi di segala bidang dan berdampak usangnya beberapa bidang pekerjaan tetapi terbuka bidang pekerjaan baru yang menuntut kecakapan baru pula. Selain kemampuan penguasaan dgitalisasi untuk abad 21 diperlukan kemampuan berpikir kritis, problem solving, kreatif, inovatif, komunikatif dan kolaboratif. 


Pendidikan sebagai upaya penyiapan sumber daya manusia masa depan harusnya mampu menjembatani perubahan kebutuhan yang demikian cepat, sehingga lulusan pendidikan mampu mengisi setiap sudut kehidupan yang sesuai dengan dinamika era digitali tersebut. Harus ada perubahan di bidang pendidikan. Standarisasi yang membelenggu sehingga bersifat konstan sebaiknya sudah mulai dihidari. Fleksibilas proses pembelajaran menjadi suatu keharusan, dengan tetap merujuk pada pencapaian kompetensi lulusan itu yang berdaya saing. 


Fleksibilitas proses pendidikan menjadi ciri utama pada Pendidikan Masyarakat, karenanya selayaknya program-program pendidikan masyarakat tampil menjadi pioneer dalam perubahan serta percepatan peningkatan produktivitas bangsa. Terkait dengan tantangan tersebut maka perlu dilaksanakan seminar nasional pendidikan masyarakat dan evaluasi kinerja pengelolaan PAUD dan Dikmas tahun 2019. 

Tema utama kegiatan ini adalah “Peran Pendidikan Masyarakat dalam Mengakselerasi Produktivitas Bangsa di Era Ekonomi Digital”. Maksud dan Tujuan kegiatan ini adalah Meningkatkan peran pendidikan masyarakat dalam menghadapi perubahan di era ekonomi digital.Secara lebih spesifik, tujuan seminar ini adalah untuk:
1.Mengevaluasi kebijakan dan strategi pengelolaan program PAUD dan pendidikan masyarakat.
2.Menyebarluaskan praktik baik model-model program pendidikan keaksaraan, kesetaraan, kursus dan pelatihan.
3.Merumuskan strategi kebijakan pengembangan pendidikan masyarakat di era ekonomi digital.